RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Barnaby Nusantara
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Good morning. How are you? (Sapaan, Pamitan,
Ucapan
Terimakasih,
dan Permintaan Maaf)
Pertemuan : 6 pertemuan
Alokasi Waktu : 12 JPL
A. KOMPENTENSI
INTI
KI 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3 :
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4 :
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.1
|
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1
|
Siswa dapat memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, serta
responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.2
|
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan pamitan, serta responnya sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.3
|
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan terimakasih, serta responnya sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.4
|
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan permintaan maaf, serta responnya
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1.1
|
Siswa dapat mengucapkan dan merespon ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran ini, diharapkan agar siswa
dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf , serta responnya
sesuai dengan konteks penggunaannya; serta dapat mengucapkan dan merespon
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
§
Sapaan (to greet) dan responnya
-
Fungsi
sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-
Struktur
teks:
(disesuaikan dengan keadaan waktu)
1.
Good morning/afternoon/evening. How are you?
2.
Good morning/afternoon/evening.
3.
I’m fine, thank you.
4.
We are fine, thank you. dst.
-
Unsur
kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
§ Pamitan (to
say goodbye) dan responnya
-
Fungsi
sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-
Struktur
teks:
(disesuaikan dengan keadaan, waktu, kejadian)
1.
Goodbye, (Mom, Dad, dsb). See
you later.
2.
See you later, (Mom, Dad, dsb). Take
care.
3.
Good night. Have a nice dream, dll
-
Unsur
kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
§ Ucapan Terimakasih (to say thank you) dan responnya
-
Fungsi
sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-
Struktur
teks:
1.
Thank you (Mom, Dad, dsb)
-
Unsur
kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
§ Permintaan Maaf (to say sorry) dan responnya
-
Fungsi
sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-
Struktur
teks:
1.
I’m sorry I’m (late, forget, dsb)
2.
Morning/afternoon/evening, Edo. Why are you late?, dsb
-
Unsur
kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
F.
ALOKASI WAKTU
12 JPL X 40 menit (6 kali pertemuan)
G.
PENDEKATAN, METODE, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Discovery Learning
H.
MEDIA PEMBELAJARAN
-
LCD Proyektor
-
Laptop
-
PPT tentang
pembelajaran
-
Papan tulis,
spidol, penghapus
-
Lembar kerja
siswa
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2 (4 JPL X 40 menit) ungkapan
sapaan serta responnya.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi:
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§ Pembagian kelompok belajar.
§ Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
20
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§ Siswa mengamati video/ gambar tentang sapaan dan
responnya.
§ Siswa mengikuti ungkapan sapaan serta responnya
berdasarkan hasil penga-matan.
§ Siswa menirukan model ungkapan sapaan serta
responnya.
§ Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan sapaan serta responnya (dengan
bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan
sapaan serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb
(dengan bim-bingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa menyapa dan merespon
dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§ Siswa
membandingkan ungkapan sapaan dan responnya
yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§ Siswa
membandingkan antar ungkapan sapaan dan responnya dalam bahasa Inggris dan
dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§ Siswa
menyapa dan meresponnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§ Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa dan
meresponnya dalam jurnal belajar (learning
journal)
|
120
menit
|
Penutup
|
§ Menyimpulkan pembelajaran
§ Mengagendakan pekerjaan rumah
§ Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
§ Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§ Memberikan penghargaan terhadap siswa atau
kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§ Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih
bersemangat
§ Mengucapkan salam
|
20
menit
|
Pertemuan ke 3 dan 4 (4 JPL X 40 menit) ungkapan
pamitan serta responnya.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi:
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§ Pembagian kelompok belajar.
§ Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai sesuai dengan langkah-langkahnya.
|
20
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§ Siswa mengamati video/gambar tentang pamitan dan
responnya.
§ Siswa mengikuti ungkapan pamitan serta responnya
berdasarkan hasil penga-matan.
§ Siswa menirukan model ungkapan pamitan serta
responnya.
§ Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan pamitan serta responnya (dengan
bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan pamitan
serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan
bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa berpamitan dan merespon
dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§ Siswa
membandingkan ungkapan pa-mitan dan responnya yang telah dipelajari dengan yang ada di
berbagai sumber lain.
§ Siswa
membandingkan antar ungkapan pamitan dan responnya dalam bahasa Inggris dan
dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§ Siswa
berpamitan dan meresponnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§ Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berpamitan dan
meresponnya dalam jurnal belajar (learning
journal)
|
120
menit
|
Penutup
|
§ Menyimpulkan pembelajaran
§ Mengagendakan pekerjaan rumah
§ Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
§ Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§ Memberikan penghargaan terhadap siswa atau
kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§ Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih
bersemangat
§ Mengucapkan salam
|
20
menit
|
Pertemuan ke-5 (2 JPL X 40 menit) ungkapan
terimakasih serta responnya.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi:
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§ Pembagian kelompok belajar.
§ Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§ Siswa mengamati video/gambar tentang ucapan
terimakasih dan responnya.
§ Siswa mengikuti ucapan terimakasih serta
responnya berdasarkan hasil pengamatan.
§ Siswa menirukan model ucapan terimakasih serta
responnya.
§ Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ucapan terimakasih serta responnya (dengan
bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ucapan
terimakasih serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan
yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan
bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa berterimakasih dan
merespon dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§ Siswa
membandingkan ungkapan terimakasih dan responnya yang telah dipelajari dengan yang ada di
berbagai sumber lain.
§ Siswa
membandingkan antar ungkapan terimakasih dan responnya dalam bahasa Inggris
dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§ Siswa
berterimakasih dan merespon dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
§ Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berterimakasih
dan merespon dalam jurnal belajar (learning
journal)
|
60
menit
|
Penutup
|
§ Menyimpulkan pembelajaran
§ Mengagendakan pekerjaan rumah
§ Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
§ Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§ Memberikan penghargaan terhadap siswa atau
kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§ Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih
bersemangat
§ Mengucapkan salam
|
10
menit
|
Pertemuan ke-6 (2 JPL X 40 menit) ungkapan
permintaan maaf dan responnya.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
§ Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§ Memeriksa kehadiran peserta didik
§ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi:
§ Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§ Memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu.
§ Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
§ Pembagian kelompok belajar.
§ Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§ Siswa mengamati video/gambar tentang ungkapan
permintaan maaf dan responnya.
§ Siswa mengikuti ungkapan permintaan maaf serta
responnya berdasarkan hasil pengamatan.
§ Siswa menirukan model ucapan terimakasih serta
responnya.
§ Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan permintaan maaf serta responnya
(dengan bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan
permintaan maaf serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb (dengan bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa meminta maaf dan merespon
dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§ Siswa
membandingkan ungkapan permintaan
maaf dan responnya
yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§ Siswa
membandingkan antar ungkapan
permintaan maaf dan responnya dalam bahasa Inggris dan dalam
bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§ Siswa
meminta maaf dan merespon dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§ Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta maaf
dan merespon dalam jurnal belajar (learning
journal)
|
60
menit
|
Penutup
|
§ Menyimpulkan pembelajaran
§ Mengagendakan pekerjaan rumah
§ Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
§ Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§ Memberikan penghargaan terhadap siswa atau
kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§ Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih
bersemangat
§ Mengucapkan salam
|
10
menit
|
J.
SUMBER BELAJAR
Kemendikbud.
2017. Bahasa Inggris When English Rings a
Bell. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud (h. 1-20)
K. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
§ Penilaian Pengetahuan:
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
1-5
|
1.
|
Tujuan Komunikatif
(ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
|
Sangat memahami
|
5
|
Memahami
|
4
|
||
Cukup memahami
|
3
|
||
Kurang memahami
|
2
|
||
Tidak memahami/
Hampir tidak memahami
|
1
|
||
2.
|
Keruntutan Teks
(ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
|
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
|
5
|
Struktur teks
yang digunakan runtut
|
4
|
||
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
||
Struktur teks
yang digunakan kurang runtut
|
2
|
||
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
|
1
|
||
3.
|
Pilihan Kosakata
(ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
|
Sangat variatif
dan tepat
|
5
|
Variatif dan tepat
|
4
|
||
Cukup variatif
dan tepat
|
3
|
||
Kurang variatif dan tepat
|
2
|
||
Hampir tidak
variatif dan tepat
|
1
|
§ Penilaian Keterampilan:
Penilaian kemampuan berbicara menggunakan ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih dan permintaan maaf
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
1-5
|
1
|
Pengucapan
(pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
||
Hampir semua salah dan mengganggu makna
|
1
|
||
2
|
Kelancaran
(fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
Lancar
|
4
|
||
Cukup lancar
|
3
|
||
Kurang lancar
|
2
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||
Sangat tidak
lancar
|
1
|
||
3
|
Ketepatan Makna
(accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
Tepat
|
4
|
||
Cukup tepat
|
3
|
||
Kurang tepat
|
2
|
||
Tidak tepat
|
1
|
Unjuk Kerja:
No
|
Aktivitas
|
Kriteria
|
||
Terbatas
|
Memuaskan
|
Mahir
|
||
1
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua kegiatan jelas dan terperinci
|
2
|
Role Play
|
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada
transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan
unsur kebahasaan sesuai
|
3
|
Simulasi
|
Fungsi sosial tidak tercapai, ungkapan dan unsur
kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi sosial kurang tercapai, ungkapan dan unsur
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi sosial tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan
tepat
|
Keterangan :
Mahir : mendapat skor
3
Memuaskan : mendapat skor 2
Terbatas : mendapat skor 1
§ Penilaian
Sikap:
No
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Kerja Sama
|
Teliti
|
Kreatif
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
Kolom Aspek perilaku diisi dengan huruf yang sesuai dengan kriteria
berikut:
A = Sangat baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Mengetahui,
|
Kepala Sekolah
|
Rizky Nadja Ainun, S.Pd, M.Pd
|
Nip.
|
Gorontalo, Juli 2020
|
Guru Mata Pelajaran
|
Sartika N. Dakula
|
Nip.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar