Kamis, 23 Januari 2020

RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 KD 3.1 dan 4.1(SAPAAN, PAMITAN, PERMINTAAN MAAF, DAN UCAPAN TERIMAKASIH)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan        :  SMP Barnaby Nusantara
Mata Pelajaran              :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :  VII/1
Materi Pokok                :  Good morning. How are you? (Sapaan, Pamitan, Ucapan
                                        Terimakasih, dan Permintaan Maaf)
Pertemuan                     :  6 pertemuan
Alokasi Waktu              :  12 JPL
A.    KOMPENTENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong  royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak           (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.2
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan pamitan, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.3
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan terimakasih, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.4
Siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan permintaan maaf, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.1
Siswa dapat mengucapkan dan merespon ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran ini, diharapkan agar siswa dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf , serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya; serta dapat mengucapkan dan merespon ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Sapaan (to greet) dan responnya
-          Fungsi sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-          Struktur teks:
(disesuaikan dengan keadaan waktu)
1.      Good morning/afternoon/evening. How are you?
2.      Good morning/afternoon/evening.
3.      I’m fine, thank you.
4.      We are fine, thank you. dst.
-          Unsur kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
§  Pamitan (to say goodbye) dan responnya
-          Fungsi sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-          Struktur teks:
(disesuaikan dengan keadaan, waktu, kejadian)
1.      Goodbye, (Mom, Dad, dsb). See you later.
2.      See you later, (Mom, Dad, dsb). Take care.
3.      Good night. Have a nice dream, dll
-          Unsur kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
§  Ucapan Terimakasih (to say thank you) dan responnya
-          Fungsi sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-          Struktur teks:
1.      Thank you (Mom, Dad, dsb)
-          Unsur kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
§  Permintaan Maaf (to say sorry) dan responnya
-          Fungsi sosial: menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
-          Struktur teks:
1.      I’m sorry I’m (late, forget, dsb)
2.      Morning/afternoon/evening, Edo. Why are you late?, dsb
-          Unsur kebahasaan: ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan; ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
F.     ALOKASI WAKTU
12 JPL X 40 menit (6 kali pertemuan)
G.    PENDEKATAN, METODE, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Metode                  : Discovery Learning
H.    MEDIA PEMBELAJARAN
-          LCD Proyektor
-          Laptop
-          PPT tentang pembelajaran
-          Papan tulis, spidol, penghapus
-          Lembar kerja siswa
I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2 (4 JPL X 40 menit) ungkapan sapaan serta responnya.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
20 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mengamati video/ gambar tentang sapaan dan responnya.
§  Siswa mengikuti ungkapan sapaan serta responnya berdasarkan hasil penga-matan.
§  Siswa menirukan model ungkapan sapaan serta responnya.
§  Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan sapaan serta responnya (dengan bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan sapaan serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan bim-bingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa menyapa dan merespon dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan ungkapan sapaan dan responnya  yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan dan responnya dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§  Siswa menyapa dan meresponnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa dan meresponnya dalam jurnal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit


Pertemuan ke 3 dan 4 (4 JPL X 40 menit) ungkapan pamitan serta responnya.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan langkah-langkahnya.
20 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mengamati video/gambar tentang pamitan dan responnya.
§  Siswa mengikuti ungkapan pamitan serta responnya berdasarkan hasil penga-matan.
§  Siswa menirukan model ungkapan pamitan serta responnya.
§  Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan pamitan serta responnya (dengan bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan pamitan serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa berpamitan dan merespon dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan ungkapan pa-mitan dan responnya  yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antar ungkapan pamitan dan responnya dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§  Siswa berpamitan dan meresponnya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berpamitan dan meresponnya dalam jurnal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit





Pertemuan ke-5 (2 JPL X 40 menit) ungkapan terimakasih serta responnya.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang ber-langsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
10 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mengamati video/gambar tentang ucapan terimakasih dan responnya.
§  Siswa mengikuti ucapan terimakasih serta responnya berdasarkan hasil pengamatan.
§  Siswa menirukan model ucapan terimakasih serta responnya.
§  Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ucapan terimakasih serta responnya (dengan bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ucapan terimakasih serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa berterimakasih dan merespon dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan ungkapan terimakasih dan responnya  yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antar ungkapan terimakasih dan responnya dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§  Siswa berterimakasih dan merespon dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berterimakasih dan merespon dalam jurnal belajar (learning journal)
60 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
10 menit
Pertemuan ke-6 (2 JPL X 40 menit) ungkapan permintaan maaf dan responnya.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
10 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mengamati video/gambar tentang ungkapan permintaan maaf dan responnya.
§  Siswa mengikuti ungkapan permintaan maaf serta responnya berdasarkan hasil pengamatan.
§  Siswa menirukan model ucapan terimakasih serta responnya.
§  Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan permintaan maaf serta responnya (dengan bimbingan guru).
Mempertanyakan:
Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan permintaan maaf serta responnya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb (dengan bimbingan dan arahan guru).
Mengeksplorasi:
Siswa meminta maaf dan merespon dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan ungkapan permintaan maaf dan responnya  yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antar ungkapan permintaan maaf dan responnya dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengomunikasikan:
§  Siswa meminta maaf dan merespon dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta maaf dan merespon dalam jurnal belajar (learning journal)
60 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
10 menit
J.      SUMBER BELAJAR
Kemendikbud. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud (h. 1-20)
K.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
§  Penilaian Pengetahuan:
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1-5
1.
Tujuan Komunikatif
(ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
Sangat memahami
5
Memahami
4
Cukup memahami
3
Kurang memahami
2
Tidak memahami/ Hampir tidak memahami
1
2.
Keruntutan Teks
(ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
5
Struktur teks yang digunakan runtut
4
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
2
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
1
3.
Pilihan Kosakata
(ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf)
Sangat variatif dan tepat
5
Variatif dan tepat
4
Cukup variatif dan tepat
3
Kurang variatif dan tepat
2
Hampir tidak variatif dan tepat
1
§  Penilaian Keterampilan:
Penilaian kemampuan berbicara menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih dan permintaan maaf
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1-5
1
Pengucapan
(pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Hampir semua salah dan mengganggu makna
1
2
Kelancaran
(fluency)
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
Sangat tidak lancar
1
3
Ketepatan Makna (accuracy)
Sangat tepat
5
Tepat
4
Cukup tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
Unjuk Kerja:
No
Aktivitas
Kriteria
Terbatas
Memuaskan
Mahir
1
Melakukan Observasi
Tidak jelas pelaksanaannya
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
Semua kegiatan jelas dan terperinci
2
Role Play
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
3
Simulasi
Fungsi sosial tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
Fungsi sosial kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat
Fungsi sosial tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tepat

Keterangan :
Mahir                 : mendapat skor 3
Memuaskan       : mendapat skor 2
Terbatas             : mendapat skor 1
§  Penilaian Sikap:
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerja Sama
Teliti
Kreatif
Keterangan
1.







2.







3.







...







Kolom Aspek perilaku diisi dengan huruf yang sesuai dengan kriteria berikut:
A    = Sangat baik
B    = Baik
C    = Cukup
D    = Kurang

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Rizky Nadja Ainun, S.Pd, M.Pd
Nip.
Gorontalo,    Juli 2020
Guru Mata Pelajaran



Sartika N. Dakula
Nip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar