Kamis, 23 Januari 2020

RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMP KD 3.2 DAN 4.2 (PEMAPARAN JATI DIRI)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan        :  SMP Barnaby Nusantara
Mata Pelajaran              :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :  VII/1
Materi Pokok                :  This is me (Pemaparan Jati Diri)
Pertemuan                     :  8 pertemuan
Alokasi Waktu              :  16 JPL
A.    KOMPENTENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong  royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi informasi terkait jati diri (identitas, hobi, kesukaan, dan keluarga), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta informasi terkait jati diri (identitas, hobi, kesukaan, dan keluarga), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya..
4.2.1
Siswa dapat meminta dan memberikan  bentuk pemaparan jati diri (identitas, hobi, kesukaan, dan keluarga) pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan serangkaian pembelajaran, siswa diharapkan agar dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri (identitas, hobi, kesukaan, dan keluarga), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Identitas diri:
Identitas diri.png
Identitas diri.png
id.png
§  Hobi dan kesukaan:
hobi kesukaan.png
§  Keluarga:
There are five people in my family: my father or my dad, my mother or my mom, my elder brother, my little sister, and myself. My father is Mr. Rajali. He’s a teacher. My mother is Mrs. Kurnia. She’s a nurse. My big brother is Hasan. He is a student of SMA Perjuangan. My little sister is Rizkia. She’s is still in kindergarten or kindy.
F.     ALOKASI WAKTU
16 JPL X 40 menit (8 kali pertemuan)
G.    PENDEKATAN, METODE, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintifik
Metode                  : Discovery Learning
H.    MEDIA PEMBELAJARAN
-          LCD Proyektor
-          Laptop
-          ID Card
-          PPT tentang pembelajaran
-          Papan tulis, spidol, penghapus
-          Lembar kerja siswa

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2 (4 JPL X 40 menit) pemaparan jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah).
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§  Memeriksa kehadiran peserta didik
§  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
20 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi terkait informasi jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah).
§  Siswa mengikuti interaksi terkait informasi jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah).
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara informasi terkait jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi:
Siswa menginformasikan jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan informasi jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antara informasi jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan:
§  Siswa menginformasikan jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meng-informasikan jati diri (identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam junal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit


Pertemuan 3 dan 4 (4 JPL X 40 menit) pemaparan jati diri (identitas diri: menanya dan memberi jati diri berupa nama, asal, alamat rumah).
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§  Memeriksa kehadiran peserta didik
§  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
§  Pembagian kelompok belajar.
§  Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
20 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi terkait informasi jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah).
§  Siswa mengikuti interaksi terkait informasi jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah).
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara informasi terkait jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi:
Siswa menginformasikan jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§  Siswa membandingkan informasi jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§  Siswa membandingkan antara informasi jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan:
§  Siswa menginformasikan jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§  Siswa menuliskan permasalahan dalam meng-gunakan bahasa Inggris untuk menginfor-masikan jati diri (menanya dan menjawab identitas diri: nama, asal, alamat rumah) dalam junal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit


Pertemuan 5 dan 6 (4 JPL X 40 menit) pemaparan jati diri (hobi dan kesukaan).
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§   Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§   Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
§   Pembagian kelompok belajar.
§   Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajarannya.
20 menit
Inti
Mengamati:
§  Siswa mendengarkan/ menonton interaksi terkait informasi jati diri (hobi dan kesukaan).
§  Siswa mengikuti interaksi terkait informasi jati diri (hobi dan kesukaan).
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara informasi terkait jati diri (hobi dan kesukaan) dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan memakai ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi:
Siswa menginformasikan jati diri (hobi dan kesukaan) dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§   Siswa membandingkan informasi jati diri (hobi dan kesukaan) yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§   Siswa membandingkan antara informasi jati diri (hobi dan kesukaan) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan:
§   Siswa menginformasikan jati diri (hobi dan kesukaan) dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§   Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menginformasikan jati diri (hobi dan kesukaan) dalam junal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit
Pertemuan 7 dan 8 (4 JPL X 40 menit) pemaparan jati diri (menceritakan anggota keluarga).
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran.
§   Memeriksa kehadiran peserta didik
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
§  Memberikan gambaran tentang manfaat mem-pelajari pelajaran yang akan dipelajari.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Mangajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan:
§   Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
§   Pembagian kelompok belajar.
§   Menjelaskan proses pelaksanaan pengalaman belajar sesuai sesuai dengan pembelajaran-nya.
20 menit
Inti
Mengamati:
§   Siswa mendengarkan/ menonton interaksi terkait informasi jati diri (menceritakan anggota keluarga).
§   Siswa mengikuti interaksi terkait informasi jati diri (menceritakan anggota keluarga).
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara informasi terkait jati diri (menceritakan anggota keluarga) dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan memakai ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi:
Siswa menginformasikan jati diri (menceritakan anggota keluarga) dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi:
§   Siswa membandingkan informasi jati diri (menceritakan anggota keluarga) yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
§   Siswa membandingkan antara informasi jati diri (menceritakan anggota keluarga) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan:
§   Siswa menginformasikan jati diri (men-ceritakan anggota keluarga) dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
§   Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menginformasikan jati diri (menceritakan anggota keluarga) dalam junal belajar (learning journal)
120 menit
Penutup
§  Menyimpulkan pembelajaran
§  Mengagendakan pekerjaan rumah
§  Mengagendakan projek yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
§  Memeriksa hasil pekerjaan siswa
§  Memberikan penghargaan terhadap siswa atau kelompok dengan kinerja atau kerjasama yang bagus.
§  Memotivasi siswa yang lainnya agar lebih bersemangat
§  Mengucapkan salam
20 menit
J.      SUMBER BELAJAR
Kemendikbud. 2017. Bahasa Inggris When English Rings a Bell. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud (h. 21-36)
K.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
§  Penilaian Pengetahuan:
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1-5
1.
Tujuan Komunikatif
(Pemaparan jati diri, hobi & kesukaan, dan pengenalan anggota keluarga)
Sangat memahami
5
Memahami
4
Cukup memahami
3
Kurang memahami
2
Tidak memahami/ Hampir tidak memahami
1
2.
Keruntutan Teks
(Pemaparan jati diri, hobi & kesukaan, dan pengenalan anggota keluarga)
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
5
Struktur teks yang digunakan runtut
4
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
2
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
1
3.
Pilihan Kosakata
(Pemaparan jati diri, hobi & kesukaan, dan pengenalan anggota keluarga)
Sangat variatif dan tepat
5
Variatif dan tepat
4
Cukup variatif dan tepat
3
Kurang variatif dan tepat
2
Hampir tidak variatif dan tepat
1
4
Pilihan Tata Bahasa
(Pemaparan jati diri, hobi & kesukaan, dan pengenalan anggota keluarga)
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
Pilihan tata bahasa tepat
4
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1
§  Penilaian Keterampilan:
Penilaian kemampuan berbicara dalam memaparkan jati diri, memperkenalkan anggota keluarga
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1-5
1
Pengucapan
(pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Hampir semua salah dan mengganggu makna
1
2
Intonasi
(intonation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Hampir semua salah dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran
(fluency)
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
Sangat tidak lancar
1
4
Ketepatan Makna (accuracy)
Sangat tepat
5
Tepat
4
Cukup tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
           
Penilaian kemampuan menulis identitas diri:
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1-5
1
Keaslian Penulisan
Sangat original
5
Original
4
Cukup original
3
Kurang original
2
Tidak original
1
Hampir tidak original
1
3
Keruntutan Teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
Keruntutan teks tepat
4
Keruntutan teks cukup tepat
3
Keruntutan teks kurang tepat
2
Keruntutan teks tidak tepat
1
Isi hampir tidak sesuai dengan judul
1
4
Pilihan Kosakata
Pilihan kosakata sangat tepat
5
Pilihan kosakata tepat
4
Pilihan kosakata cukup tepat
3
Pilihan kosakata kurang tepat
2
Pilihan kosakata tidak tepat
1
Pilihan kosakata hampir tidak tepat
1
5
Pilihan Tata Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
Pilihan tata bahasa tepat
4
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
1
Unjuk Kerja:
No
Aktivitas
Kriteria
Terbatas
Memuaskan
Mahir
1
Melakukan Observasi
Tidak jelas pelaksanaannya
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
Semua kegiatan jelas dan terperinci
2
Role Play
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Keterangan :
Mahir                 : mendapat skor 3
Memuaskan       : mendapat skor 2
Terbatas             : mendapat skor 1
§  Penilaian Sikap:
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerja Sama
Teliti
Kreatif
Keterangan
1.







2.







3.







...







Kolom Aspek perilaku diisi dengan huruf yang sesuai dengan kriteria berikut:
A    = Sangat baik
B    = Baik
C    = Cukup
D    = Kurang



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Rizky Nadja Ainun, S.Pd, M.Pd
Nip.
Gorontalo,    Juli 2020
Guru Mata Pelajaran




Sartika N. Dakula
Nip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar